Rabu, 11 November 2009

compiere part 1

Apa itu compiere??

1. Compiere adalah sebuah software ERP (Enterprise Resource Planning), adalah salah satu dari ERP yang Open Source yang sangat memungkinkan untuk diimplementasikan didalam perusahaan terutama perusahaan distribusi, membuat Compiere menjadi pilihan yang populer diseluruh dunia. Kelebihan kelebihannya diantaranya:Implementasi cepat, dengan asumsi tanpa memerlukan proses pengambilan keputusan yang panjang, yang umumnya yang terjadi karena masalah perhitungan biaya dan investasi. Dengan compiere resiko kerugian sangat kecil, misalnya anda menghentikan proyek implementasi karena suatu alasan. Disamping itu compiere tidak mengenal kata gagal, apabila system pada compiere tidak memenuhi kebutuhan secara maksimal. Target Pasar Compiere, compiere dirancang untuk industry yang bergerak dibidang jasa, distribusi dan retail. Tidak ada fungsi manufaktur sperti shopfloor control dan full MRP. Compiere adalah perusahaan menengah (SME), sperti halnya perusahaan tunggal, untuk rangkaian distribusi, outlet dari sebuah manufaktur, franchises dll. Manajemen Hubungan Pelanggan ( Customer Relationship Management) adalah suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan dimata para pelanggannya. Merujuk kepada Glen Petersen, penulis buku “ROI: Building the CRM Bussiness Case”, sistem CRM yang paling sukses ditemukan dalam organisasi yang menyesuaikan model bisnisnya untuk profitibilitas, bukan hanya merancang ulang sistem informasinya.

Fungsi-fungsi dalam CRM:

1. Mengidentifikasi factor-faktor yang penting bagi pelanggan.

2. Mengusung Falsafah customer-oriented (customer centric).

3. Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut panjang pelanggan.

4. Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna.

5. Menangani keluhan/complain pelanggan.

6. Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan.

7. Membuat informasi holistic tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.

Mengimplementasikan CRM:

Customer Relationship Management adalah strategi tingkat koooporasi, yang berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan hubungan dengan pelanggan. Beberapa paket perangkat lunak telah tersedia dengan pendekatan yang berbeda-beda terhadap CRM. CRm mengurus filosofi organisasi pada semua tingkatan, termasuk kebijakan dan proses, costumer service, pelatihan pegawai, pemasaran, dana manajemen sistem dan informasi.

Penyebab kegagalan ERP:

a. Kurangnya komitmen top management.

b. Kurangnya sumberdaya (manusia, modal, dan infrastruktur).

c. Kurangnya training dan pemebelajaran.

d. Kurangnya komunikasi.

e. Kesalahan perhitungan implementasi.

f. Tidak cocoknya software dengan business process.

g. Cacatnya project design dengan management.

Keuntungan penggunaan ERP

1. Integrasi data keuangan menjadi lebih baik.

2. Standarisasi proses operasi yang efektif.

3. Standarisasi data dan informasi menjadi lebih cepat.


Tidak ada komentar: